Video Hoax JT 610 sebelum jatuh ~ Pengalaman Pribadi Pasti ke Singkawang

Translate

Senin, 29 Oktober 2018

Video Hoax JT 610 sebelum jatuh

@ngabarkannye

Viral video sebelum jatuhnya pesawat JT 610 di media sosial dan WhatsApp, Senin 29 Oktober 2018. Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menegaskan video itu bukan berasal dari penerbangan Lion Air JT 610. Itu adalah video penumpang Lion Air JT 353. "Video ini BUKAN penumpang pesawat Lion Air JT 610. Tetapi ini penumpang pesawat Lion Air JT 353 Padang-Jakarta yang turbulensi dan semua penumpang selamat beberapa waktu yang lalu," kata Sutopo lewat Twitter, Senin (29/10/2018). Video yang viral itu memperlihatkan suasana di dalam pesawat gelap. Sempat ada turbulensi di pesawat tersebut. Penumpang menyerukan 'Allahu Akbar' dan 'Laa ilaaha illallaah' 

 Sehubungan dengan beredarnya sejumlah informasi hoaks terkait peristiwa jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 rute Jakarta-Pangkal Pinang, dengan ini disampaikan hal-hal sebagai berikut: 
 1. Kementerian Komunikasi dan Informatika RI menyampaikan turut berbelasungkawa atas musibah jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 rute Jakarta-Pangkal Pinang pada Senin (29/10). 
 2. Kementerian Komunikasi dan Informatika RI mengimbau warga net Indonesia untuk TIDAK menyebarkan informasi HOAKS ataupun informasi yang bukan berasal dari sumber berwenang terkait dengan musibah jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 rute Jakarta-Pangkal Pinang. 
 3. Kementerian Komunikasi dan Informatika RI juga mengimbau warga net untuk tidak menyebarkan foto-foto korban dari musibah jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 melalui media apapun termasuk media sosial. 
 4. Kami ingatkan kembali bahwa setiap aktivitas kita di ruang siber (cyber space), termasuk aktivitas mendistribusikan, mentransmisikan dan membuat dapat diaksesnya Informasi hoaks diatur dengan UU RI No 19 tahun 2016 tentang Perubahan atas UU RI No 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). 

Di media sosial, bisa ditemukan contoh hoax yang beredar di Twitter. 
Sejumlah netizen memperingatkan, informasi hoax tersebut. Misalnya, akun Dito W memposting sebuah gambar yang diberi keterangan itu adalah hoax. 
Pranala: 
  • https://news.detik.com/berita/4278574/video-viral-detik-detik-lion-air-jt-610-sebelum-jatuh-hoax 
  • https://twitter.com/morpiggg  
  • http://www.tribunnews.com/nasional/2018/10/29/beredar-hoax-terkait-insiden-jatuhnya-pesawat-lion-air-jt-610-ini-penjelasan-kominfo-ri..
Video Hoax yang beredar viral di medsos JT 610 sebelum jatuh

0 komentar:

Posting Komentar